A. Pengertian Hotel
Kata hotel berasal dari bahasa Perancis
yaitu hostel artinya “tempat penampungan buat pendatang” atau
“bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum. Oleh sebab itu, keberadaan
hostel untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sebagai tempat tinggal sementara.
Hostel inilah cikal bakal hotel yang ada sekarang ini.Hotel merupakan pendukung
dari beberapa kegiatan sektor pariwisata yang menyadiakan sarana akomodasi dan
tempat pertemuan antara wisatawan dan pelaku industri.
Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pariwisata Pos dan
Telekomunikasi No.KM 94/HK 103 tentang Ketentuan Usaha dan Pengolongan Hotel
tanggal 24 Desember 1987 yang menyatakan
bahwa : “Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian
atau seluruh bangunan yang menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman
serta jasa lainnya bagi pengunjung yang dikelola secara komersil serta memenuhi
ketentuan persyaratan yang ditetapkan“.
I.
SEKSI KAMAR (ROOM SECTION)
1. Tugas dan Tanggung Jawab
Seksi ini bertanggung jawab terhadap
pemeliharaan kamar-kamar tamu hotel, yang meliputi kebersihan, kerapian,
keindahan dan kenyaman tamu hotel.
Selain unsur-unsur penting itu
pihak tata graha khususnya seksi kamar dituntut untuk memberikan pelayanan
terbaik kepada tamu sehingga tamu puas selama tinggal di hotel dan menjadi
pelanggan.
Room section dipimpin oleh floor
supervisor atau floor captain yang bertanggung jawab langsung pada Exc house
keeper.
Supervisor bertanggung jawab akan
kelancaran tugas operasional pemeliharaan dan kebersihan kamar tamu yang
dilaksanakan oleh room boy/room maid.
Area yang menjadi tanggung jawab room section meliputi kamar-kamar tamu,
koridor, tangga-tangga, room boy station
dan gudang di floor.
Untuk melaksanakan tugas dengan
baik, seorang room boy harus
mengetahuai peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku di room section ini, sehingga setiap room boy dapat melaksanakan tugas dengan
baik dan tertib sehingga memberi kepuasan pada tamu dan pada pihak hotel.
Ketentuan-ketentuan
itu antara lain sebagai berikut :
1.
Mengenakan seragam
hotel, sepatu dan kaos kaki yang ditentukan.
2.
Di tempat tugas harus
mengenakan seragam.
3.
Selalu tepat waktu dan
bila ada halangan diharap memberi tahu sebelumnya.
4.
Potongan rambut rapi.
5.
Setelah selesai tugas
harus segera meninggalkan hotel.
6.
Harus segera lapor
pada supervisor atau kantor tata graha jika menjumpai tamu yang sakit dan
hal-hal yang mencurigakan misalnya pencuri atau skppier.
7.
Bila ada tamu yang
tidak dikenal minta dibukakan pintu kamar, harus mempersilahkan tamu tersebut
untuk menghubungi resepsionis.
8.
Melaporkan pekerjaan
yang belum selesai pada shift berikutnya.
9.
Jika keluar masuk
hotel harus melalui pintu karyawan.
10. Harus ramah dan memberi salam pada tamu.
11. Melaporkan pada supervisor jika ada barang hotel yang
hilang.
12. Melaporkan dan membawa lostand
found kepada supervisor.
13. Dilarang meninggalkan room
boy station atau tempat tugas tanpa ijin supervisor.
14. Dilarang merokok dan berbicara keras-keras di tempat tugas.
15. Dilarang makan dan mengunyah permen karet saat bertugas.
16. Dilarang mengangkat dan menjawab telepon untuk tamu di kamar
tamu.
17. Dilarang jalan-jalan di floor
dan koridor, saat tidak bertugas.
18. Dilarang minum minuman keras saat bertugas.
19. Dilarang mengobrol dengan tamu.
20. Dilarang meminta tip pada tamu.
21. Dilarang menghidupkan radio atau menonton tv di kamar.
22. Dilarang mengajak teman berkunjung di hotel.
23. Dilarang membaca majalah atau surat kabar di kamar tamu
24. Dilarang ke hotel saat libur (day off).
25. Dilarang membawa atau menyimpan barang hotel dalam locker.
26. Dilarang memberikan kunci kamar (pass key) kepada orang lain.
27. Dilarang menggunakan lift
tamu.
28. Dilarang membawa barang atau apapun tanpa ijin.
29. Dilarang menyimpan barang yang bukan milik pribadi.
30. Dilarang meninggalkan hotel dengan seragam dan membawa kunci
kamar (pass key).
Dalam melaksanakan tugasnya para room boy harus bersikap sopan dan ramah
kepada tamu sehingga tamu merasa dihargai dan dihormati. Hal-hal penting yang
harus diperhatikan mengenai sopan santun karyawan adalah sebagai berikut
1.
Semua karyawan tata
graha harus ramah terhadap para tamu dan karyawan lain.
2.
Mengucapka salam
kepada tamu sesuai dengan waktu.
3.
Tidak pilih kasih
kepada tamu.
4.
Memberikan pelayanan
yang ramah dan berusaha mengingat nama tamu.
5.
Jangan berdiri didepan
tamu saat berbicara dengan tamu6.
6.
Selalu memperhatikan
tamu.
7.
Jangan memberi informasi
tentang managemen hotel dan rahasia perusaahan kepada tamu.
2. Jenis-jenis Kamar
Kamar- kamar dihotel mempunyai jenis yang
berbeda-beda. Hal ini dimaksud agar tamu dapat memilih kamar sesuai dengan
kebutuhan.jenis kamar dihotel sebagai berikut :
1.
Single Studio Room
Single studio
room adalah satu kamar dengan satu tempat tidurdan sofa
sebagai tempat tidur tambahan.
2.
Single Room
Single room
adalahkamar dengan satu tempat tidur
untuk satu orang.
3.
Twin Room
Twin room
adalah satu kamar dengan dua tempat tidur
untuk dua orang.
4.
Double Room
Double room adalah satu kamar dengan yang dilengkapi dengan satu tempat
tidur besar untuk dua orang.
5.
Trile Room
Triple room adalah satu kamar yang
dilengkapi denga double bed untu dua orang dan diberi tempat tidur tambahan.
6.
Twin Single Use
Twin single use adalah kamar twin
yang hanya diisi untuk satu orang tamu.
7.
Conecting Room
Conecting room adalah dua kamar yang saling berbelahan dan dihubungkan
dengan pintu.
8.
Adjoining Room
Adjoining room adalah dua kamar yang saling bersebelahan.
9.
Suite Room
Suite room adalah dua kamar atau lebih yang dilengkapi dengan kamar
tamu, kamar tidur,dan dapur.
10. President Suite
Room
President Suite
Room adalah tiga kamar atau lebih yang
terdiri dari kamar tidur, kamar tamu, ruang makan, dapur, bar, dan ruang rapat.
3. Kode (istilah) Status Kamar
System komputerisasi yang dipergunakan dalam
operasional hotel bertujuan untuk memperlancar dan mempermudah proses operasi suatu
hotel, yaitu teknologi komputerisasi yang mampu menawarkan berbagai kelebihan
dibandingkan cara-cara konvensional sehingga pengelolaan hotel menjadi lebih
mudah, simple dan minimal kesalahan.
Berikut merupakan istilah-istilah umum yang
sering dipakai dalam operasional hotel mengenai code dan pengertian dari room
status, antara lain :
Code
|
Description
|
Remarks
|
O
|
Occupeid
|
Suatu kamar yang sedang ditempati
oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel.
|
OC
|
Occupeid
Clean
|
Suatu kamar
yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu
hotel pada kamar yang bersih
|
OD
|
Occupeid
Dirty
|
Suatukamar
yang sedangditempatiolehsesorangsecarasahdanteregistersebagaitamu hotel
padakamar yang kotor. Initerjadiakibatperubahan status dari OC ke OD setelahmelewatisatumalam
stay.
|
V
|
Vacant
|
Sebutanbagikamar
yang kosong
|
VC
|
Vacant Clean
|
Kamar yang
kosongdengankeadaanbersih
|
VD
|
Vacant Dirty
|
Kamar yang
kosongdengankeadaankotor. kamarkotordapatterjadikarenatamu yang sudah check
out atau program cleaning dari housekeeping
|
VCI
|
Vacant Clean
InspecTed
|
Kamarkosong yang sudahdibersihkandandiperiksaoleh floor supervisor
dansiapuntukmenerimatamu (dijual)
|
Comp
|
Compliment
|
Kamar yang
terigesterolehseorangtamu, namunkamartersebut free of charge (gratis)
|
HU
|
House Use
|
Kamar yang teregisteratasnamaseseorangdarimanajemenataukaryawan yang
dipergunakansebagaitempattinggalnya.
|
DND
|
Do not
Disturb
|
Suatutanda
yang dibuatolehtamuuntuktidakdiganggu.
|
SO
|
Sleep Out
|
Seorangtamu yang masihteregister,
namunkamartidakdipergunakankarenatamutesebutharusmeninggalkan hotel
beberapahari.
|
Skip
|
Skipper
|
Tamumeninggalkan
hotel sebelummelunasisemuakewajibannya
|
OS
|
Out of
Service
|
Kamar yang
memerlukanperbaikanringan, biasanya lama perbaikankurangdarisatuhari, status
inidapatterjadikarenakerusakanatau program cleaning dari housekeeping. Out of
service tidakmengurangi room availability.
|
OO
|
Out of Order
|
Kamar yang
memerlukanperbaikan yang serius, biasanya lama perbaikanlebihdarisatuhari.
Status inidapatterjadikarenakerusakan di kamaratauprogam cleaning
darihousekeeping. Out of order mengurangi room availability.
|
DOD
|
Due Out/
Expected Departure
|
Daftarkamar-kamar
yang diharapkanuntuk check-out hariinisesuaidengantanggal departure
|
EA
|
Expected Arrival
|
Daftarnama-namatamu
yang diharapkantibahariini
|
CO
|
Check Out
|
Tamu yang sudahmeninggalkan hotel
hariinisetelahmelunasisemuakewajibannyatermasukmenyerahkankunci yang
dipakaike front office
|
LCO
|
Late Check
Out
|
Permintaantamuuntukmeninggalkan
hotel lebihlambatdariwaktu check out yang ditentukan.
|
ONL
|
Occupeid no
Luggage
|
Seorangtamu
yang masihteregisterpadasuatukamartanpasuatubarangapapun di dalamnya.
|
DL
|
Double Lock
|
Permintaantamukepihak
hotel untukmelakukan double lock sehinggatidakseorangpundapatmasukkekamartersebut.
|
4. Jenis Kunci Kamar Hotel
Kunci kamar hotel sangat penting baik bagi
petugas kamar hotel maupun bagi tamu. Keamanan tamu dan barang-barang milik
tamu di kamar hotel sangat bergantung pada pengamanan kunci tyersebut. Tamu
yang pergi keluar hotel harus menitipkan kunci pada seksi penerima tamu
(reseption). Jenis kunci di kamar hotel adalah sebagai berikut :
1.
Pass key
Pass key
adalah kunci kamar yang dibawa oleh room
boy/room maid selama bertugas merapikan kamar. Pada saat melaksanak tugas, room boy/room maid mendapat satu seksi
yang terdiri dari beberapa kamar. Jadi jumlah kunci sama dengan jumlah kamar
dalam satu seksi. Misalnya, jika satu seksi terdiri dari sepuluh kamar, maka room boy/room maid membawa satu bundel
kunci yang terdiri dari sepuluh kunci kamar.
2.
Master Key
Master key adalah
sebuah kunci yang dibawa oleh floor
captain yang dapat digunakan untuk membuka semua kamar yang ada ditingkat (floor). Bila kamar di double lock maka
harus menggunakan master key double lock.
3.
Grand Master Key
Grand master key adalah sebuah kunci yang dibawa oleh Exc housekeeper (housekeeping manager) atau General Manager. Kunci
tersebut dapat digunakan untuk membuka semua kamar hotel.
4.
Emergency Key atau Double Lock Key
Emergency key adalah satu kunci grand
masterkhusus untuk membuka kamar yang di double lock oleh tamunya dari dalam. Penggunaan lain dari kunci itu
adalah dapat digunakan untuk mengunci double
lock pada pintu kamar, agar pintu kamar tidak dapat dibuka dengan pas key, guest key atau master key.
5. Perlengkapan Kamar
1.
Wardrobe
Wardrobe adalah lemari pakaian di kamar yang dilengkapi dengan
gantungan untuk baju dan jas.
2.
Wardorbe Lamp
Wardrobe
lamp adalah lampu kecil yang di pasang
dalam wardrobe, fungsinya sebagai penerangan dalam lemari.
3.
Luggage Bench/Rack
Luggage bench/rack adalah rak untuk meletakan koper tamu.
4.
Writing Desk
Writing
desk adalah meja yang disediakan untuk tamu
jika ingin menulis. Biasanya diatas meja dilengkapi alat tulis menulis.
5.
Writing Chair
Writing chair
adalah kursi untuk duduk tamu saat menulis.
6.
Coffee Table
Coffee
table adalah meja kecil di kamar tamu
yang digunakan untuk meletaka alat-alat room
service dan alat-alat makan untuk tamu. Bentuknya da beberapa macam,
misalnya segitiga, persegi panjang, dan bulat.
6. Perlengkapan Tempat Tidur Tamu
1.
Bed
a.
Heard bord
Heard bord adalah papan yang ada diujung bed (bagian kepala) tamu berguna dalam pemakaian bantal. Biasanya
dibuat dengan dilapisi spon.
b.
Mattress
Mattress adalah kasur untuk tempat tidur yang terbuat dari per spiral, spon, dan terbungkus kain.
2.
Linen
a.
Bed Pad
Bed pad adalah penutup mattress yang terbuat dari bahan lena
(katun) yang tebal dan berguna buat penahan dan pelindung mattress dari
keringat.
b.
Bed Sheet
Bed sheet adalah kain sprei yang berguna untuk menutup tempat tidur.
Pada penataan tempat tidur, sheet atau
sprei digunakan berlapis-lapis.First
sheet adalah sprei pertama penutup mattress. Second sheet sprei kedua penutup sprei pertama. Third sheet adalah sprei ketiga penutup
selimut.
c.
Blanket
Blanket adalah selimut yang dipasang di tempat tidur. Biasanya
terbuat dari bahan wol.
d.
Pillow
Pillow adalahbantal untuk tidur yang terbuat dari kain lena dan
kapas atau bulu angsa.
e.
Pillow Case
Pillow case adalah sarung bantal yang terbuat dari kain lena (katun)
untuk membungkus bantal.
f.
Bed Spread (Bed Cover)
Bed spread adalah penutup tempat tidur untuk tamu, yang terbuat dari
bahan yang kuat.
7. Perlengkapan Kamar Mandi
1.
Bath Tub
Bath
tub adalah bak mandi yang digunakan untuk
berendam atau mandi shower. Bentuk
bath tub umumnya persegi panjang, tap ada pula yang berbentuk bulat. Bath tub
terbuat dari bahan metal atau porselen yang di glsur. Pad bagian dasar bath tub
di pasang karet anti selip, agar tidak licin.
2.
Bath Tub Plug dan
Chain
Bath
Tub Plug dan Chain adalah karet penutup lubang bagian dasar bath tub yang
dipasang dengan rantai agar mudah dibuka dan ditutup saat di gunakan untuk
mandi.
3.
Wash Basin
Wash
basin adalah tempat untuk cuci tangan,
cuci muka, dan sikat gigi. Disebut pula wastafel.
4.
Bath Room Curtain Hook
Bath
room curtain hook adalah terbuat dari
logam untuk menggantung gorden kamar
mandi.
5.
Bath Room Curtain
Bath
room curtain adalah gorden untuk
menutup kamar mandi di bath tub, berguna supaya air tidak kemana-kemana sewaktu
ada yang mandi.
6.
Towel Rack
Towel
rack adalah rak untuk meletakan handuk yang
disediaka di kamar mandi.
8. Guest Supplies di Ruang Tamu
1.
Dd sign and make up sign : tanda bahwa tamu tak ingin di
ganggu/tamu minta kamar di bersihkan.
2.
Shoe shine paper : kertas untuk menggosok sepatu
agar mengkilap.Slipper/sandal.
3.
Hanger/gantungan baju.
4.
Shoe spoon : sendok untuk memudahkan saat
pakai sepatu yang di pasang di tumit.
5.
Laundry list : daftar cucian tamu.
6.
Pressing list : daftar pakaian tamu yang
disetrika.
7.
Dry cleaning list : daftar tamu yang dicuci secara
dry cleaning.
8.
Laundry bag : kantong tempat cucian kotor tamu.
9.
Matches : korek api yang berlogo hotel.
10.
Envelope : amplop untuk kirim surat, baik
airmail dan seamail.
11.
Aerogram : warkat pos luar negeri.
12. Telegram, facsimile, telex form.
13.
Desk set and fountain pen : map untuk alat tulis , tempat
bolpoin dan pen.
14.
Stationary holder : map tempat alat tulis menulis dan
formulir.
15.
Suggestion paper : formulir saran dari tamu
untuk manajemen.
16.
Memo pad : notes kecil untuk catatan tamu
yang diletakan dekat telepon.
17.
Hotel postcard : kartu pos hotel.
18.
Sticker : gambar temple berlogo hotel untuk
koper tamu.
19.
Sewing kit : alat jahit tangan yang
terdiri dari jarum, benang, dan kancing.
20.
Video and radio programe : daftar
acara video dan petunjuk acara radio.
21.
Room service : daftar makanan yang dipesan
tamu untuk sarapan pagi di kamar dan digantungkan di pegangan pintu.
22.
Telephone book : buku telepon.
23.
Telephone guide & tariff : petunjuk penggunaan telepon
& daftar biaya telepon.
24.
Drinking glass : gelas untuk minum.
25.
Glass cover : kantung pembungkus gelas.
26.
Tray : nampan/baki.
27.
Water pitcher : tempat air minum tamu.
28.
Termos : tempat air panas.
29.
Ice bucket : tempat es batu untuk
campuran minuman.
30.
Ice tang : alat penjepit es batu.
31.
Tea set : perlengkapan untuk minum teh yang
terdiri dari cup, saucer & pot.
32.
Flash light : lampu darurat dengan baterai (lampu
senter).
33.
Minibar set & glasses : perlengkapan mini bar
termasuk macam minuman, bon minuman, alat pembuka botol, makanan kecil
& gelas minuman.
34.
Guest notice : pengumuman untuk tamu yang
dipasang pada pintu yang berisi petunjuk bila ada bahaya kebakaran yang
menunjukan lokasi kamar & jalan ke pintu darurat.
II. PELAYANAN KAMAR (ROOM SERVICE)
1. Prosedur Pembersihan Kamar
Petugas kamar yaitu room boy/room maid maupun floor
captain harus berpenampilan baik dan rapi. Hal ini meliputi tingkah laku,
kejujuran, sopan santun pada tamu, atasan maupun teman sejawat. Demikian pula
denga ketelitian dan keterampilan petugas kamar sangatlah penting.
Persiapan atau
prosedur pembersihan kamar meliputi hal-hal berikut :
1.
Peralatan kebersihan
kamar, bahan pembersih, dan obat pembersih.
Linen-linen untuk merapikan kamar, sheet, pilow case, towel-towel, untuk
kamar mandi.
Perlengkapan tamu (guest supplies). Semua persiapan ini ditempatkan dan ditata pada room boy cart (room boy trolley).
2.
Alat tulis dan
formulirlaporan room boy/room main sheet,
peralatan untuk menulis dan mencatat keadaaan kamar serta penggunaan perlengkapan
kamar.
Kunci kamar tamu. Kunci kamar untuk
membuka kamar tamu saat membersihkan kamar tamu.
3.
Mengetuk pintu, masuk
kamar tamu, dan mengecek.
Setelah selesai mempersiapkan linen dan
peralatan pembersihan kamar pada room boy
cart, room boy menempatkan trolley di
koridor, di depan kamar yang akan dibersihkan. Penempatan trolley yang baik agar praktis saat penempatan linen kotor.
2. Prosedur Menata Tempat Tidur
Penataan tempat
tidur disetiap hotel pada prinsipnya sama. Tempat tidur ditata rapi dan menarik
agar tamu merasa nyaman saat tidur.
Pada penataan
tempat tidur di hotel kecil masih banyak yang menggunakan satu lembar sheet. Pada hotel sedang pada umumnya
menggunaka dua lembar sheet dan pada
hotel besar menggunakan tiga lembar sheet.
Pada pelajaran
dasar menata tempat tidur ini disajikan dua macam cara, yaitu :
a.
Dengan dua lembar sheet.
b.
Dengan tiga lembar sheet.
Dengan contoh
sederhana ini dapat pula ditampilkan variasi yang lain, yang sesuai dengan
selera setiap hotel.
3. Prosedur Pembersihan Lantai Kamar Mandi
Lantai
merupakan salah satu bagian bangunan yang secara fungsional digunakan sebagai tempat pijakan kita di
rumah baik yang terbuat dari keramik,papan atau pun tanah(sekarang jarang
ditemukan).
Lantai kamar
mandi merupakan lantai yang posisinya berada di dalam kamar mandi yang pada
umunya terbuat dari bahan keramik/porseline, di karenakan posisinya yang
didalam kamar mandi,lantai ini pada setiap saatnya atau waktu tertentu
kondisinya basah,sehingga memungkinkan timbulnya jamur,lumut,noda, dan plak
baik dipermukaan lantai maupun di sela-sela lantai dikarenakan kondisinya yang
selalu lembab.
Oleh karena itu
perlu dilakukannya pembersihan secara baik,misalnya dengan menggunakan bahan
yang mengandung deskinfektan dan carbol. Langkah-langkahnya antara lain:
1.
Tuangkan larutan
pembersih lantai kedalam ember kemudian dimasukan air,aduk hingga
rata/homogen,dan pel lantai.
2.
Noda ringan:semprot
lantai atau permukaan yang akan dibersihkan,biarkan larutan bekerja beberapa
saat. Kemudian basuh dengan air dapat juga membasahi kain lap,gosok noda yang
ada dan basuh dengan air.
3.
Noda berat:semprot
dinding atau lantai yang bernoda,diamkan beberapa saat,gosok dengan sikat,lalu
basuh dengan air,ulangi bila perlu jika noda masih terlihat.
4. Pemeriksaan Kamar
Pada tahap ini,
room attendant memeriksa ulang kamar
yang telah dibersihkan agar kamar tersebut sesuai dengan standar.
Adapun prosedur
pengeceken meliputi :
·
Kebersihan merupakan
tujuan dari proses pembersihan, target kebersihan termasuk wall, furnitures, paintings,
lamps, floor, linen, dan ceiling.
·
Kerapihan merupakan
pengaturan terhadap semua peralatan didalam kamar agar tertata baik dan rapi
agar kelihatan menarik.
·
Kelengkapan merupakan
proses pengecekan terhadap semua amenities dan linens yang menjadi standar dari
kamar tersebut dilengkapi setelah dipakai oleh tamu.
nice post, thanks..
BalasHapusRumah Dijual
minta emailnya bang
BalasHapushttp://distributorgarmen.co.vu GROSIR TERLENGKAP INDONESIA
BalasHapusTerimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari kasur / springbed merk american silahkan cek di sini : Springbed American
BalasHapusWA : 081249676477
Springbed Malang
Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang